SKCK Mabes Polri

SKCK Mabes Polri yang lebih umum kita kenal dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Mabes Polri biasanya dapat di buat dengan cara offline atau secara on the spot langsung mengunjungi Alamat Mabes Polri tempat loket pengurusan SKCK terkini.

Ketentuan yang berlaku untuk mengurus SKCK di Mabes Polri secara offline mempunyai persyaratan khusus dan sangat berbeda dengan pengurusan SKCK terbitan Polsek, Polres dan Polda.

SKCK Mabes Polri

Oleh sebab itu, sangat perlu untuk di perhatikan apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku dalam mengurus SKCK di Mabes Polri pada umumnya

Jadi semua dokumen bisa dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mendatangi tempat pembuatan SKCK dalam hal ini Mabes Polri. Sehingga lebih efisien waktu dan meminimalisir kekurangan atau ketidaklengkapan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat yang diminta untuk mengurus SKCK.

Pengertian dan fungsi SKCK sebagaimana Dikutip dari laman resmi skck.polri.go.id pada Rabu (2/11/2022), SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Baca juga : SKCK Working Holiday Visa Australia

Segala macam bentuk SKCK yang di terbitkan baik oleh Polsek, Polres, Polda dan terutama oleh Mabes Polri semuanya memiliki masa berlaku hanya sampai 6 bulan terhitung mulai dari tanggal penerbitan dan tidak dapat lebih sama sekali. Setelah masa berlaku habis dan SKCK tersebut masih sangat dibutuhkan untuk suatu keperluan, maka caranya bisa dengan memperpanjang SKCK tersebut supaya dapat aktif Kembali masa berlaku nya selama 6 bulan kedepan.
Berdasarkan pada Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014, pengajuan SKCK bisa dilakukan pemohon di mana saja mulai tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan nya untuk apa. Sehingga harus memahami betul macam-macam dari fungsi dan kegunaan SKCK yang keluaran Polsek, Polres, polda dan Mabes Polri. Jika SKCK untuk kebutuhan dalam negeri seperti untuk melamar kerja, sekolah, persyaratan administrasi Perusahaan dll cukup dibuat oleh Polsek, Polres atau Polda setempat.

Sedangkan SKCK Mabes Polri memiliki spesifikasi lebih khusus untuk melengkapi persyaratan, yaitu bagi pengguna untuk :

  • Keperluan menjadi calon pejabat tinggi negara (yudikatif, legislatif, eksekutif, dan Badan atau Lembaga Tinggi Negara).
  • WNI yang akan membuat Visa dengan tujuan sekolah, kerja, kunjungan keluarga, bisnis, konferensi, izin tinggal di suatu negara tertentu.
  • WNI atau WNA yang membutuhkan dan berencana melakukan kegiatan tertentu di lingkungan nasional atau di luar negeri seperti : mengurus perizinan untuk menetap secara permanen di luar negeri, berpindah kewarganegaraan (naturalisasi), WNA yang mempunyai niat akan mengadopsi anak.

Seperti apa Langkah-langkah nya dalam membuat SKCK ini


Langkah pertama untuk mengajukan permohonan SKCK tentu saja menyiapkan semua dokumen yang di syaratkan secara lengkap dari rumah agar mempermudah proses nya supaya tidak bolak balik mencari tempat fotocopy dan print. Setelah tiba di Mabes polri langsung menuju tempat layanan pengurusan SKCK dengan tujuan untuk mendaftar secara langsung melalui loket pelayanan SKCK dan biasanya petugas langsung meminta berkas dokumen yang dibutuhkan dan petugas juga akan memberikan beberapa lembar daftar isian yang harus diisi oleh pemohon.

Membuat SKCK membutuhkan berkas-berkas dokumen apa saja


Apabila SKCK dibuat secara offline oleh seorang WNI dengan langsung mengunjungi Mabes Polri akan berbeda dengan seseorang yang berwarganegara asing (WNA).

Berikut ini daftar berkas dokumen yang di perlukan untuk mengurus SKCK bagi WNI :

  • Salinan KTP
  • Salinan Paspor
  • Salinan Akte Lahir/Surat Kenal Lahir/Ijazah/Akte Nikah
  • Salinan KK
  • Kartu Rumus Sidik Jari/ SKCK Lama
  • Salinan Kartu Identitas Lain teruntuk yang belum bisa memenuhi syarat memperoleh KTP
  • Pas Foto berukuran 4X6 berlatar belakang merah

Sedangkan khusus untuk WNA syaratnya seperti dibawah ini :

  • Membuat surat permohonan pihak sponsor, baik Perusahaan maupun suatu badan atau Lembaga yang mempekerjakan dan bertanggung jawab terhadap WNA tersebut
  • Salinan KTP beserta Akte Nikah jikalau yang jadi sponsor adalah pihak istri/suami yang berkewarganegaraan Indonesia
  • Salinan Paspor
  • Lampirkan Salinan ITAS atau ITAP
  • Lampirkan Salinan IMTA yang dikeluarkan oleh Kemnaker RI
  • Salinan STM dari kepolisian setempat
  • Kartu Rumus Sidik
  • Pas foto ukuran 4X6 dengan latar belakang warna kuning

Nah setelah anda mengetahui syarat- syarat nya untuk perpanjang atau buat baru skck, bagaimana caranya menggunakan jasa kami? Tentu kami faham dengan kendala dan situasi yang anda alami, oleh karena itu kami hadir untuk membantu anda. Jadi jika anda ingin kami bantu uruskan SKCK, anda tinggal kirimkan softcopy nya saja semua dokumen melalui email atau WA no admin kami, setelah semua dokumen lengkap kami langsung proses pengurusannya, dan lamanya pengurusan SKCK 1 hari kerja jika tidak ada gangguan sistem di Mabes Polri nya. Dan anda tidak perlu khawatir untuk pembayaran nya, karena sistem di kami untuk pembayaran di akhir pekerjaan setelah SKCK anda selesai baru anda bayar. Untuk SKCK fisik nya kami akan kirim ke alamat anda melalui jasa pengiriman terpercaya. Untuk info lebih lanjut silahkan anda menghubungi admin di nomorĀ 083169900020

Berniat Bikin SKCK Mabes Polri? Perhatikan Cara dan Syarat Berikut Ini-083169900020

Navigasi pos


Chat di sini
Butuh bantuan? Klik di sini ya !
Butuh bantuan? Klik di sini ya !