Syarat SKCK Mabes Polri

SYARAT SKCK MABES POLRI TERKINI

Syarat SKCK Mabes Polri wajib untuk diketahui dan informasi ini akan sangat menjadi sesuatu yang penting sekali bagi orang yang mempunyai kebutuhan akan surat SKCK ini. Dimana pada zaman dahulu kala kita lebih mengenalnya dengan sebutan Surat Keterangan Kelakuan Baik yang biasanya kita sebut dengan SKKB.
Pada dasarnya SKCK tidak hanya Mabes Polri saja yang bisa menerbitkan, tetapi Surat Keterangan ini merupakan suatu produk resmi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Sehingga Surat Keterangan ini bisa diterbitkan oleh kantor kepolisian Tingkat terendah dalam hal ini adalah seluruh Polsek yang ada di wilayah NKRI, bisa juga diterbitkan oleh seluruh Polres dan Polda di setiap Provinsi masing-masing. Hal ini untuk memfasilitasi Masyarakat setempat yang membutuhkan SKCK untuk berbagai keperluan administrasi dalam negeri dan untuk mempermudah pelayanan public di daerah masing-masing.

Syarat SKCK Mabes Polri


Apa sih yang dimaksud dengan SKCK itu ?

Definisi dari SKCK adalah sebuah surat dari institusi Polri yang menerangkan bahwasannya seseorang yang tertulis di surat tersebut tidak memiliki Sejarah dan catatan criminal apapun di wilayah kewenangan kantor kepolisian yang mengeluarkan SKCK tersebut.
SKCK hanya berlaku sampai 6 bulan kedepan dimulai dari masa berlakunya tanggal penerbitan, apabila setelah 6 bulan lebih dan masih membutuhkan SKCK tersebut untuk keperluan lainnya maka SKCK tersebut bisa diperpanjang.

Baca Juga : Legalisasi Kedutaan Belanda, Tidak Perlu Lagi cukup Apostille Saja

SKCK ini merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh Masyarakat Indonesia untuk melengkapi persyaratan administrasi. Biasanya SKCK dibutuhkan oleh Masyarakat Ketika ingin melamar pekerjaan di institusi swasta atau pemerintahan dalam hal ini pendaftaran menjadi PNS. Melihat hal tersebut diatas, fungsi dan kegunaan SKCK menjadi sangat penting bagi Masyarakat.

Syarat SKCK Mabes Polri

Menurut informasi yang berseliweran di Tengah-tengah Masyarakat, yang mana membuat SKCK itu adalah suatu pekerjaan yang sangat menyulitkan alias ribet. Tetapi jika kita memahami prosedur dan persyaratan membuat SKCK, saat ini bisa lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan SKCK dengan catatan sudah mempelajari terlebih dahulu cara mengurus SKCK.

Ada hal-hal tertentu yang mesti disiapkan untuk mengurus SKCK ini, sama seperti pengurusan administrasi lainnya di institusi pemerintahan pada umumnya.
Berikut syarat SKCK Mabes Polri :
Syarat SKCK Mabes Polri : Data Pribadi
Sebelum berangkat ke kantor Mabes Polri, diharapkan anda sudah mempersiapkan berkas-berkas seperti dibawah ini.

Syarat SKCK Mabes Polri teruntuk WNI :

  • KTP copyan dan bawa juga KTP aslinya
  • KK copyan
  • Akta Lahir/surat kenal lahir copyan
  • Paspor copyan
  • Foto dengan ukuran 4X6 background merah
  • Kartu rumus sidik jari/SKCK lama

Berikut syarat SKCK untuk WNA :

  • Paspor copyan
  • Buat surat sponsor dari Perusahaan atau badan usaha yang mensponsori WNA tersebut
  • KTP dan Akta nikah berlaku untuk sponsor istri/suami berwarganegara Indonesia
  • ITAS/ITAP WNA tersebut
  • IMTA WNA dari Kementerian Tenaga Kerja
  • STM dari kantor kepolisian setempat
  • Foto berlatar belakang warna kuning ukuran 4X6 berjumlah 6 lembar.

Membuat SKCK bisa dilakukan secara Offline

Setelah mengetahui dengan jelas syarat-syarat membuat SKCK Mabes Polri, maka proses pengurusan SKCK nya harus dilakukan dengan cara mengunjungi langsung Mabes Polri dan biasanya proses penerbitan SKCK pada saat ini bisa ditunggu dan jadi pada hari itu juga.
Noted : SKCK yang diurus di Mabes Polri hanya yang untuk keperluan urusan luar negeri, biasanya untuk kebutuhan Masyarakat yang akan mengurus berbagai macam Visa untuk Izin tinggal, Study, kerja, dan Visa Family di suatu negara. Adapun untuk calon pejabat tinggi negara baik Lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif bisa juga mengajukan permohonan SKCK di Mabes Polri.
Alur atau jalan untuk mengurus SKCK di Mabes Polri :
Apabila sudah membawa semua dokumen yang dibutuhkan, bisa segera mendatangi loket pelayanan SKCK untuk mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Setelah menyerahkan semua berkas biasanya si petugas akan memberikan beberapa lembar formulir yang harus diisi.

Untuk lebih aman dan menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya semua dokumen yang aslinya juga dibawa manakala petugas ingin melihat keaslian dari dokumen kita.

Untuk pengajuan SKCK baru tentu saja anda belum pernah mengambil sidik jari untuk dirumuskan. Maka sebelum mengajukan permohonan SKCK, petugas loket akan mengarahkan anda untuk segera melakukan pengambilan sidik jari di Pusinafis Mabes Polri terlebih dahulu. Baru setelah mendapatkan Kartu Rumus Sidik Jari, anda bisa melanjutkan proses pengajuan SKCK di loket pengurusan SKCK.

Kontak Agen SKCK Mabes Polri

Nah sekarang bagaimana caranya menggunakan jasa kami?

Tentu kami paham dengan kendala dan situasi yang anda alami, oleh karena itu kami hadir untuk membantu anda. Jadi jika anda ingin kami bantu uruskan SKCK, anda tinggal kirimkan softcopy nya saja semua dokumen melalui email atau WA no admin kami, setelah semua dokumen lengkap kami langsung proses pengurusannya, dan lamanya pengurusan SKCK 1 hari kerja jika tidak ada gangguan sistem di Mabes Polri nya.

Dan anda tidak perlu khawatir untuk pembayaran nya, karena sistem di kami untuk pembayaran di akhir pekerjaan setelah SKCK anda selesai baru anda bayar. Untuk SKCK fisik nya kami akan kirim ke alamat anda melalui jasa pengiriman terpercaya. Untuk info lebih lanjut silahkan anda menghubungi admin di nomor 083169900020 atau klik tombol di atas untuk bisa terhubung dengan Biro Jasa SKCK Mabes Polri.

Syarat SKCK Mabes Polri Terkini

Navigasi pos


Chat di sini
Butuh bantuan? Klik di sini ya !
Butuh bantuan? Klik di sini ya !